ZES: Upaya Matahari Berkompetisi di Pasar Fashion Anak Muda

Pembukaan toko perdana ZES di Plaza Blok M pada awal September lalu menandai langkah baru dalam strategi PT Matahari Department Store Tbk. Matahari kini lebih fokus mengembangkan merek monobrand seperti ZES dan SUKO.

Aryo Medidianto

11/21/20251 min read

Pembukaan toko perdana ZES di Plaza Blok M pada awal September lalu menandai langkah baru dalam strategi PT Matahari Department Store Tbk. Matahari kini lebih fokus mengembangkan merek monobrand seperti ZES dan SUKO. ZES sendiri adalah merek fesyen urban kontemporer yang menyasar pasar anak muda dengan konsep yang menggabungkan gaya kerja dan santai secara modis dan praktis. Merek ini dirancang untuk menciptakan ekosistem gaya hidup yang lebih luas, termasuk kolaborasi komunitas, spot interaktif, dan kedai kopi yang melengkapi pengalaman berbelanja.

Pengembangan merek monobrand oleh Matahari merupakan bentuk transformasi untuk menghadapi persaingan ketat dari merek fast fashion internasional seperti Zara dan Uniqlo sekaligus menggantikan toko-toko yang tidak memberikan kinerja optimal. Sebelum ZES, Matahari juga meluncurkan merek SUKO yang mengusung inspirasi dari gaya Jepang. Upaya ini bukan kali pertama Matahari mencoba strategi menggunakan merek tunggal. Sebelumnya, mereka pernah mengelola Nevada Store dan merek lisensi dari Tiongkok, 361.

Fokus pada monobrand ini merupakan bagian dari strategi memperkuat portofolio merek eksklusif Matahari guna mendiversifikasi sumber pendapatan dan memperbarui citra dari departemen store tradisional menjadi lebih modern dan relevan dengan tren pasar saat ini. Dengan pendekatan ini, Matahari berharap mampu menarik segmen pasar yang lebih spesifik dan menciptakan diferensiasi yang kuat di tengah gempuran persaingan retail fashion yang semakin sengit.

Sejak peluncuran akhir 2024, ZES telah menunjukkan pertumbuhan pesat dan mendapat respons positif dari konsumen muda. Merek ini juga menonjolkan konsep kurasi eksklusif dengan tokoh-tokoh mode urban yang menambah nilai personalisasi pengalaman berbelanja. Hal ini menunjukkan bahwa Matahari serius berinvestasi pada brand-building sebagai strategi jangka panjang untuk memperkuat bisnis ritel mereka di segmen fesyen.