Tips Membangun Brand yang Kuat dan Bertahan Lama: Berawal dari Value, Bukan Sekadar Ikut Tren

Sebuah brand yang powerful dan berpengaruh tidak tercipta begitu saja karena mengikuti tren sesaat. Kekuatan sebuah brand yang mampu bertahan lama justru bersumber dari value atau nilai yang dimilikinya.

Aryo Meidianto

10/15/20252 min read

Sebuah brand atau merek yang powerful dan berpengaruh di pasar tidak tercipta begitu saja hanya karena mengikuti tren sesaat. Kekuatan sebuah brand yang mampu bertahan lama justru bersumber dari value atau nilai yang dimilikinya. Value ini dapat menjadi pondasi utama untuk menentukan arah dan makna yang ingin disampaikan oleh brand kepada konsumennya.

Mengedepankan pendekatan value creation 1 , langkah pertama yang harus dilakukan oleh sebuah brand adalah menetapkan nilai-nilai apa yang ingin diusung oleh brand tersebut. Apa manfaat nyata yang ingin diberikan kepada konsumen? Apa komitmen yang akan selalu dijaga? Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi dasar panduan dalam setiap keputusan dan inovasi produk yang akan dibuat. Ketika produk atau layanan lahir dari value yang kuat, maka secara tidak langsung brand tersebut akan memiliki "cerita" yang autentik dan jauh lebih bermakna. Brand tersebut tidak latah mengikuti pasar atau tren yang sedang populer.

Brand yang dibangun dari value memiliki keunggulan besar dalam membentuk hubungan emosional dan kepercayaan dengan konsumen atau target market. Konsumen tidak hanya sekedar membeli produk, tetapi juga merasakan koneksi dan percaya pada setiap makna yang disampaikan oleh brand. Hal ini membuat brand mampu bertahan dan tetap relevan, bahkan ketika tren berubah-ubah dan persaingan semakin ketat.

Selain itu, value yang jelas membantu brand dalam konsistensi komunikasi dan memberikan pengalaman kepada pelanggannya. Setiap interaksi, pesan yang dihadirkan melalui pemasaran, dan inovasi dalam sebuah produk akan selalu mengacu pada nilai tersebut, sehingga membantu membangun reputasi yang kuat dan kredibel pada sebuah brand. Merek yang kuat karena berdiri di atas nilai akan lebih mampu melewati berbagai tantangan dan tetap hidup dalam benak konsumennya. Dampak positifnya, brand tersebut akan selalu menjadi pilihan utama dan dipercaya dalam jangka panjang.

Strategi brand untuk fokus pada value bukan hanya soal membangun produk atau layanan, tapi membangun identitas dan komitmen. Inilah yang membuat brand memiliki alasan kuat untuk bertahan dan berkembang. Dengan pondasi value yang kokoh, brand tidak sekadar mengikuti tren yang ada. Sebaliknya, brand mampu menciptakan tren sendiri yang pada akhirnya memberikan dampak dan makna yang mendalam bagi pelanggan dan pasar.

1 Value creation adalah proses menciptakan nilai bagi pelanggan, karyawan, dan pemangku kepentingan lain dengan mengubah sumber daya menjadi produk atau layanan yang bernilai lebih dari biaya inputnya.

Ilustrasi dibuat dengan AI image generator - prompt by Bizsense Indonesia